Selasa, 15 Februari 2011

Jejaring SalingSapa dan Pembohongan Publik

http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2011/02/1297391799928787854.jpg

Setelah beberapa hari kemarin saya membuat artikel mengenai situs jejaring sosial asli buatan anak negeri yang pembuatnya adalah anak SMP yaitu salingsapa dan saya sempat kagum dengan karya cipta dirinya. Namun hari ini saya agak kecewa dengan Yahya Harlan (pencipta salingsapa). Pasalnya dia mengkalim bahwa situs jejaring sosial yang kini sudah mempunyai ribuan anggota tersebut adalah buatannya sendiri. Padahal situs tersebut menggunakan CMS Jcow dan Theme Facebook. CMS Jcow adalah fasilitas untuk membuat situs sejenis jejaring sosial seperti salingsapa, CyberMoslem dll.
Mungkin tidak jadi masalah jika Dalam situs salingsapa tersebut dicantumkan Tulisan Powered By CMS Jcow sehingga publik tahu kalau situs tersebut bukan karya cipta dirinya. Atau bisa juga ketika tanpa mencantumkan tulisan tersebut tapi yang bersangkutan membeli licensi dari Jcow sehingga hal tersebut sudah menjadi hak miliknya. Namun kenyataannya berbeda. Yahya Harlan, bocah SMP 13 tahun tersebut tidak membeli licensi dan juga tidak mencantumkan tulisan yang saya maksud. Apakah bukan pembohongan publik namanya?
Kenapa di awal artikel ini saya mengatakan “agak kecewa”, karena walaupun hal ini menjurus pada pembohongan publik, namun niat pencipta memang baik, disamping usia yang masih muda dan harusnya bukan masalah membuat situs yang dia pikirkan melainkan bermain. Dalam situs salingsapa juga banyak fitur yang bermanfaat yang berbau islami.
Oke, saya tidak mau membuat artikel yang menuduh tanpa bukti. Silahkan kalau anda tidak percaya apa yang saya katakan diatas, buka situs salingsapa kemudian control + U atau buka salingsapa klik View kemudian page source (browser mozilla). Anda akan menemukan tulisan

<meta name="Generator" content="Powered by Jcow" />
Social Networking Software
. 4.2.1" />

Itu artinya bahwa situs tersebut buatan Jcow. Kemudian jika anda tidak percaya bahwa dia tidak membeli licensi dari Jcow, silahkan teruskan langkah diatas (ctr + U) cari dibagian bawah (footer) dan anda akan menemukan tulisan

sumber:http://roomeyda.com/hot-news/salingsapa-dan-pembohongan-publik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post