Selasa, 07 September 2010

Kilauea,sungai lahar di hawaii

1. Kilauea Iki ( 1959 ) Hawaii
Kilauea iki adalah kaldera yang terbentuk di dekat kaldera kilauea, biasanya kaldera ini dibentuk oleh letusan gunung kilauea yang terletak di dekat kaldera ini? Gunung ini meletus tahun 1959 sebelum letusan di daerah Pedesaan Kapoho tahun 1960 tetapi para ilmuwan tahun itu mencatat bahwa ada letusan di kaldera tersebut yang dimulai pengisian dasar kaldera tersebut kemudian terjadi letusan dan aliran lava dari gunung ini mengalir membentuk aliran sungai.

Gunung ini telah memecahkan rekor sebagai gunung berapi yang mengeluarkan volume magma sebanyak 30 Juta kubik magma dan semburan lava yang mencapai 12 meter hingga membentuk gunung api kecil di tepi kaldera dan gunung kecil itu dinamai Pu`u Pua`i!

Pada akhir letusan gunung ini terjadi longsoran yang cukup besar di gunung kecil tersebut hingga danau lava itu mulai mengalir ke lubang kawah dan kembali ke magma sebanyak 8 Juta kubik?

Setelah itu akhirnya kaldera itu membeku dan menyisakan lava sebanyak 10 Juta kubik magma



2. Kawah Alae ( 1969 )
Kawah Alae merupakan kawah yang dibentuk dari letusan gunung alae tepatnya tahun 1969 di Hawaii pada waktu itu terjadi letusan yang diikuti semburan magma yang sangat besar kemudian aliran lavanya membakar hutan di dekat kawah itu dan menciptakan air terjun lava yang sangat kuat dan deras. Kawah ini terletak di kaki gunung kilauea yang sangat luas.


3. Kawah Halemaumau ( 1924-1967 )
Halemaumau 1924
Halemaumau 1967
Di dekat kaldera kilauea terletak sebuah kawah bernama Halemau`mau Fire Pit. Konon kawah ini merupakan tempat bersemayamnya dewi Pele, dewi gunung berapi hawaii dan penguasa Kepulauan Hawaii? Kawah ini terbentuk tahun 1924 dengan letusan PhreatoPlinian yang sangat kuat. PhreatoPlinian adalah letusan tipe Plinian yang ketika magma dari kawah tersebut tercampur air dari rembesan air laut kemudian akhirnya terjadi letusan yang teramat kuat dari magma tersebut hingga menyebabkan terbentuknya kawah yang cukup besar!
Pada tahun 1967 kawah ini kembali meletus hingga mengeluarkan magma yang cukup banyak dan beberapa tahun kemudian kawah ini akhirnya menjadi tidak aktif.


4. Mauna Loa ( 1984)

Mauna Loa adalah gunung berapi hawaii yang memiliki ketinggian 4000 mdpl. Gunung ini memiliki kaldera bernama Moku`aweoweo? Letusannya terjadi pada tahun 1984 dimana terjadi letusan lava yang keluar dari retakan yang memanjang di kaldera Moku`aweoweo dan aliran lava yang membentuk sungai lava yang mengalir menuju hutan di Distrik Hilo!
nah tapi yang ane bakal bahas cuma yang nomer 1 gan soalnya itu yg paling terkenal :shakehand2

oke kita mulai dengan terjemahan wikipedianya gan. maap ya kalo rada ga bener bahasanya soalnya ini mbah google yg translate :malu

Spoiler for deskripsi:
Kilauea (diucapkan / laʊeɪ.ə ː ki / dalam bahasa Inggris, [ki ː louɛjə] di Hawaii) adalah gunung berapi aktif di Kepulauan Hawaii, salah satu dari lima gunung berapi perisai yang bersama-sama membentuk pulau Hawaii. Ini adalah yang terbaru dari serangkaian gunung berapi yang telah menciptakan kepulauan Hawaii, sebagai bergerak Lempeng Pasifik selama Hawaii hotspot. [1] Kilauea berarti "memuntahkan" atau "banyak menyebar" dalam bahasa Hawaii, yang merujuk pada gunung sering pencurahan lava. Dalam agama Hawaii, gunung berapi adalah rumah bagi Pele, dewi gunung berapi. Kilauea adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di planet ini dan sumber daya berharga untuk volcanologists. Meskipun hampir secara eksklusif aktivitas berlebihan non-kekerasan, Kilauea dianggap oleh USGS sebagai gunung berapi paling berbahaya di Amerika Serikat

Puu kerucut Ō'ō telah terus meletus di zona-celah timur sejak tahun 1983, sehingga letusan celah-zona terpanjang dari 200 tahun terakhir. Tiga puluh tiga letusan telah terjadi sejak tahun 1952, tidak termasuk episode saat ini. Lava kurang dari 1000 tahun mencakup 90% dari Kilauea, dan volume bahan meletus cukup besar untuk membuka jalan di seluruh dunia tiga kali. Sejak 2008, meningkatnya emisi dioksida belerang dari kawah di puncak Halemaumau Kilauea telah menyebabkan peningkatan tingkat kabut asap vulkanik dan keprihatinan kualitas udara. Terletak di Taman Nasional Gunung Berapi Hawaii, Kilauea dikunjungi oleh jutaan wisatawan setiap tahun, sehingga daya tarik yang paling banyak dikunjungi di Hawaii dan gunung berapi yang paling sering dikunjungi di dunia.

Pulau Hawaii adalah dibangun dari lima gunung berapi perisai terpisah yang meletus agak berurutan, yang tumpang tindih yang lain. Terdaftar dari yang terlama ke termuda, yaitu: Kohala (punah); Mauna Kea (tidak aktif); Hualālai (tidak aktif); Mauna Loa (aktif, sebagian di Hawaii Volcanoes National Park), dan Kilauea (sangat aktif; bagian dari Taman Nasional Gunung berapi Hawaii ). Kilauea dusta terhadap sisi tenggara gunung berapi Mauna Loa jauh lebih besar. ukuran besar Mauna Loa dan elevasi (13.677 kaki atau 4.169 m) adalah kontras dengan Kilauea, yang naik hanya 4.091 kaki (1.247 m) di atas permukaan laut, dan dengan demikian dari kaldera puncak muncul sebagai rak luas dataran tinggi baik di bawah panjang profil Mauna Loa kadang-kadang diselimuti salju, 15 mil (24 km) yang jauh. Kilauea adalah sangat rendah, gunung berapi perisai datar - sangat berbeda dalam profil dari tinggi, tajam miring puncak stratovolcanoes seperti Mt. Fuji, Gunung Hood, dan Gunung St Helens.

Dari Hilo, Hawaii Belt Road, State Route 11, kepala selatan ke Keaau, lalu berbalik ke arah barat untuk memulai naik ke kaldera Kilauea. Untuk sekitar 20 mil (32 km) jalan berjalan relatif lurus, sehingga sangat bertahap 4.000 kaki (1.200 m) pendakian. Namun, sebagian besar pendakian ini sebenarnya pada, sangat tumbuhan hutan awan sayap Mauna Loa. Persimpangan ke aliran lava yang dikeluarkan dari Kilauea tidak sampai sekitar 1 mil (1.6 km) barat Glenwood, 18 mil (29 km) dari Hilo. hijau itu, arus Mauna Loa hutan beberapa ribu tahun, sedangkan arus tumbuhan Kilauea ringan hanya 350-500 tahun.
Aktivitas gunung berapi di Kilauea.

Mengemudi selatan dari Kailua-Kona di pantai barat Hawaii, Kilauea adalah 98 mil (158 km) jauh di sepanjang Jalan Hawaii Belt, Route 11, yang melewati Kaū, distrik selatan dari pulau itu. Setelah melewati sekitar ujung selatan yang lebih rendah panjang sisi Mauna Loa, jalan raya kemudian berbelok ke arah timur laut Kilauea. Rute melalui Kaū berbeda dari hutan hijau terlihat ketika datang dari Hilo: Rute dari pendekatan selatan Kilauea melalui Gurun Kaū, di lereng di bawah angin gunung berapi. Kilauea's ketinggian 4.000 kaki (1.200 m) sudah cukup untuk memaksa sebagian besar kelembaban dari angin timur laut menimpa perdagangan, meninggalkan banyak Kaū dalam bayangan hujan dari "rendah" gunung, menciptakan efek gurun. Efek gurun juga diproduksi oleh hujan asam yang dihasilkan dari belerang dioksida yang dipancarkan oleh gunung berapi. Daerah ini juga merupakan zona keretakan sangat aktif barat daya Kilauea, produsen abu produktif. Angin mendistribusikan abu, menyebabkan badai debu dan bukit pasir tandus vegetasi yang paling.

Seperti dari sisi Hilo, pendakian bertahap panjang dari permukaan laut dekat puncak sebenarnya semua pada sayap Mauna Loa. Tidak sampai membuat curam Sulfur Bank (tepi barat laut Kilauea Kaldera), dekat persimpangan Crater Rim Drive di Hawaii Volcanoes National Park, tidak menyeberang jalan ke Kilauea. Dari Punaluu di dekat pantai ke kaldera di puncak, jalan raya sejajar dengan garis kontak antara dua gunung berapi - selalu kurang dari 1-mil (1,6 km) tenggara garis itu.


nih foto"nya gan :ilovekaskus

Spoiler for gunung:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post